KADIS PMD KABUPATEN NATUNA PANTAU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN BUM DESA KELARIK AIR MALI

Bagikan:

InfoBum Desa-Kelarik Air Mali, 19 Agustus 2020 bertempat di Gedung Pertemuan Desa Kelarik Air Mali dilaksanakan Musyawarah Desa Penyampaian Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa Bahagia Sejahtera Mandiri Desa Kelarik Air Mali.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna, Anrizal Zen, ST.

Sambutan Kepala Dinas Kabupaten Natuna, Anrizal Zen, ST

Dalam sambutannya, Anrizal Zen menyampaikan bahwa Bunguran Utara adalah tempat yang strategis kaya akan potensi untuk dikembangkan baik dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata.

Sekarang sudah sepantasnya di Kecamatan Bunguran Utara ada salah satu BUMDes yang bisa mengangkat dan mengharumkan nama Kecamatan Bunguran Utara, hal ini bisa dilakukan dengan penuh semangat dan kerjasama yg kuat. Mengingat hal ini berhubungan dengan BUMDes Desa Kelarik Air Mali yang akan melaksanakan kegiatan usaha di Bagan Apung, karena potensi Desa Kelarik Air Mali yang sangat luar biasa terutama sektor perikanan, maka sangatlah cocok usaha Bagan Apung yang akan dilaksanakan oleh BUMDes Bahagia Sejahtera Mandiri atau disingkat BUMDes BSM Desa Kelarik Air Mali menjadi salah satu unit usaha yang harus dikembangkan.

Bum Desa Bahagia Sejahtera Mandiri Desa Kelarik Air Mali bisa menjadi salah satu Bum Desa yang akan mengharumkan nama Kecamatan Bunguran Utara, itu berkat kerja sama kuat dari semua pihak”. sebut Anrizal Zen.

Disamping itu bahwa untuk meningkatkan status desa, khususnya Desa Kelarik Air Mali, maka pekerjaan terbesar dari seorang Kepala Desa adalah bagaimana cara meningkatkan ekonomi desa, karena sebagaimana kita ketahui bersama Desa Kelarik Air Mali masih tergolong yang status desanya masih Berkembang, hal ini perlu langkah cepat untuk meningkatkan ekonomi desa, yang salah satunya adalah melalui Badan Usaha Milik Desa.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa untuk membangun desa, perlu kerjasama yang kuat antar lapisan masyarakat desa, sehingga bisa tercapai desa yang selama ini menjadi impian bersama, yaitu Desa Mandiri.

Apabila ada kendala dalam hal mengembangkan desa terutama pada pengembangan ekonomi, diminta kepada pemerintah desa (Kepala Desa) untuk sesering mungkin melakukan koordinasi, baik dengan dinas PMD, melalui Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, atau yang paling dekat adalah dengan Pendamping Desa, baik itu dengan Tenaga Ahli Kabupaten, Pendamping Desa Kecamatan, bahkan Pendamping Lokal Desa.

Diakhir sambutannya Anrizal Zen berharap Desa Kelarik Air Mali untuk lebih giat lagi menjalankan roda pemerintahan, agar bisa meningkatkan status desa.

“Mudah-mudahan untuk tahun berikutnya ada peningkatan hasil pendataan IDM, desa kelarik air mali status desanya bisa naik, dari yang sekarang ini Desa Berkembang menjadi Desa Maju bahkan Desa Mandiri”. harap Anrizal Zen.

Peserta Musyawarah Penyampaian Laporan Keuangan Bum Desa Kelarik Air Mali

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kabupaten Natuna, Kabid Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa, Kasi Bina Lembaga dan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa, Kepala Desa Air Mali, Anggota BPD Air Mali, PD Kecamatan Bunguran Utara, PLD Kecamatan Bunguran Utara, dan perwakilan masyarakat.

Bagikan: