DIRGAHAYU KABUPATEN NATUNA KE-18 "Kerja Bersama Membangun Natuna yang Sejahtera"

Profil Dinas PMD

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dewasa ini menjadi sesuatu yang sangat penting, maka tidaklah berlebihan bila gerak dan dinamika pembangunan bidang pemberdayaan  menjadi semakin kompleks. Peningkatan kompleksitas pembangunan pemberdayaan masyarakat juga terjadi pada lembaga-lembaga pemerintah lainnya termasuk pada badan/dinas dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. Untuk mengatasi hal tersebut penguasaan dan penelaahan strategi diperlakukan sebagai sarana untuk mencapai tujuan dan sasaran, yang selanjutnya akan dituangkan dalam kebijakan, program dan kegiatan. Peran strategi diperlukan sebagai sebuah rencana yang menyeluruh dan terpadu. Selanjutnya diharapkan dapat memberikan arah dan pedoman serta dorongan kegiatan operasional dalam rangka pencapaian visi dan misi yang telah ditetapkan.

Sejalan dengan hal tersebut Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna yang bertanggung jawab langsung kepada Kepala Daerah akan terus mendukung berbagai upaya pencapaian  visi dan misi pembangunan melalui tugas pokok dan fungsi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Tugas pokok dan fungsi  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa berdasarkan Peraturan Daerah  Nomor 6 Tahun 2016 tentang susunan organisasi dan tata kerja badan dan lembaga teknis daerah kabupaten Natuna adalah membantu kepala daerah dalam merumuskan dan menyusun bahan kebijakan pemberdayaan masyarakat  yang meliputi pengembangan sarana, prasarana, pengembangan institusi dan pemberdayaan masyarakat. Dan selanjutnya adalah pelayanan penunjang penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Natuna, terutama dalam menunjang pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Natuna “Masyarakat Natuna Yang Cerdas dan Mandiri dalam Kerangka Keimanan dan Budaya Tempatan‘’.  Keberadaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna sebagai salah satu OPD yang dapat menunjang pembangunan daerah dan nasional dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin melalui penataan kelembagaan, pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa serta peningkatan peran serta masyarakat dalam upaya menekan angka kemiskinan.

Untuk menghadapi berbagai peluang dan tantangan, aktifitas dan konsistensi program dan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menjadi sangat penting terutama dalam memberikan support bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna.

Mengingat pentingnya peranan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam menjembatani berbagai pemberdayaan masyarakat dan desa maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dituntut melakukan reposisioning peran, tugas dan tanggung jawab melalui revitalisasi penataan kelembagaan, penguatan lembaga usaha ekonomi rakyat dan pelayanan kepada masyarakat.