Selamat Datang di Website Dinas Pemberdayaan Masyarakatan dan Desa Kabupaten Natuna

Ini Proses Pencairan ADD Natuna Tahun 2019

RANAI — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Indra Joni mengatakan, bahwa proses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) Kabupaten Natuna tahun 2019 berubah.

“Proses pencairannya menjadi pertiga bulan,” ujar Indra Joni saat di konfirmasi diruang kerjanya, Senin, 31 Desember 2018.

Menurutnya, ini merupakan kebijakan bupati sebagaimana undang – undang nomor 6 tahun 2014 dan turunannya nomor 43 junto 47, dibunyikan ADD merupakan dana perimbangan dikurangi dana alokasi khusus dikali 10 persen itulah ADD untuk desa.

Indra menerangkan, bahwa sebelumnya pada tahun 2018 desa menerapkan sistem pencairan ADD perbulan atau 6,4 persen.

“Proses pencairan ADD juga permintaan dari desa,” jelas Indra Joni.

“Pak kami kualahan menerapkan sistem pencairan ADD perbulan atau 6,4 persen,” ujar Indra menirukan suara salah satu kepala desa Kabupaten Natuna.

Indra menuturkan, memang secara operasional pencairan perbulan terbayar, tetapi untuk mengelola kegiatan yang tidak terencana tidak bisa.

Selain itu, Indra menyebut, bahwa APBDes yang tidak dibelanjakan oleh desa, tapi ADD yang sisa dari Kabupaten bisa dikeluarkan walaupun belum disahkan APBDes melalui peraturan tentang kepala desa dan undang – undang.

Indra menghimbau, untuk pencarian ADD pertiga bulan harus sesuai regulasi dan kepala desa juga harus mengikuti pedoman undang – undang yang berlaku.(Admin)