Selamat Datang di Website Dinas Pemberdayaan Masyarakatan dan Desa Kabupaten Natuna

“Desa Payak Duta Natuna 2018”

RANAI — Tim Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Kepri Tahun 2018 yang diketuai oleh Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kepri, Sukardi didampingi oleh Sekretaris Dinas PMD Dukcapil Prov Kepri pada sabtu 29 Juli 2018 melakukan kunjungan ke Desa Payak Kecamatan Serasan Timur.

Kunjungan kali ini bertujuan untuk melakukan verifikasi lapangan terhadap Desa Payak yang dinobatkan sebagai peringkat I juara Lomba Desa Tk Kabupaten Natuna Tahun 2018 yang secara otomatis diperlombakan lagi di tingkat Provinsi Kepri.

Tim yang berjumlah 8 orang juga didampingi oleh Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Natuna, Drs. Ismail dan Kabid Bina Pemerintahan Desa, Fadhly Azzuhry beserta staf disambut dengan antusias oleh Camat Serasan Timur, pemerintah Desa dan masyarakat serta ibu-ibu PKK.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB pagi diawali dengan sambutan Camat dan selanjutnya Paparan dari Kepala Desa Payak Aryandi, S.Pd. Kades Payak dalam paparannya menyampaikan profil Desa payak secara singkat dan perkembangan pembangunan di Desa payak serta potensi Produk Gula Ijuk yang telah di pasarkan oleh BUMDESA “MANDIRI” kepada Tim Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Kepri Tahun 2018.

” Salah satu keunggulan Desa payak adalah bersatu padunya masyarakat di Dusun I dan Dusun II dalam menyukseskan program dan kegiatan-kegiatan, baik kegiatan Dana Desa maupun kegiatan pemerintah lainya, papar Aryandi.”

Meskipun ia tidak berharap menjadi yang terbaik di Provinsi Kepri namun ia berharap pemerintah harus lebih memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat Desa Payak yaitu Listrik PLN dan layanan Komikasi yang lancar.

Ia menyadari Desa payak yang secara geografis jauh dari Ibu Kota Kabupaten maupun pusat Kota di pulau Serasan tentu menjadi kendala bagi pemerintah dalam mewujudkan keingingan masyarakat tersebut. ” Meskipun kami ditengah keterbatasan sarana dan prasarana tetapi kami tetap bersemangat sambungnya lagi.”

Berdasarkan hasil penilaian (evaluasi) perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Natuna 2018, Desa Payak memperoleh skor tertinggi dari Desa lainya yaitu 455 poin sehingg termasuk dalam kategori Desa cepat berkembang.

Desa yang merupakan bagian dari Kecamatan Serasan Timur pada tahun 2018 juga memperoleh gelar PKK terbaik Se-Kabupaten Natuna dan juga dilombakan kembali di tingkat Provinsi Kepri.

Kabid Bina Pemerintah Desa, Fadhly di sela-sela acara berharap dengan terpilih Desa Payak sebagai yang terbaik tingkat Kabupaten Natuna tahun 2018 dapat menjadi motivasi yang tinggi bagi Desa-desa lainnya untuk bekerja dan berkarya bagi kemajuan Desanya.

Pada sore harinya Tim Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Kepri di ajak Kades berserta masyarakat untuk menikmati salah satu destinasi wisata Desa payak yaitu Pantai Tebung yang terletak di ujung pantai Sisi sambil menikmati hidangan Khas Desa payak, Kubo dan diiringi dengan alunan musik organ tunggal
Tim yang telah menyelesaikan tugasnya di Kecamatan Serasan Timur, selanjutnya akan berangkat menuju Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat menggunakan kapal Pelni KM. Bukit Raya untuk menilai Kelurahan Sedanau sebagai juara Lomba Kelurahan Tingkat Kabupaten Natuna yang dilombakan kembali di tingkat Provinsi Kepri. (Admin)