Selamat Datang di Website Dinas Pemberdayaan Masyarakatan dan Desa Kabupaten Natuna

Kabid PPM DPMD Bahas Kendala yang di Hadapi BUMDes Mandiri Sejahtera

RANAI — Kepala desa Batubi Jaya, Sumarno mengharapkan melalui penyertaan modal yang diberikan kepada BUMDes Mandiri Sejahtera dapat meningkaatkan kesejahteraan masyarakat desa Batubi Jaya.

Hal ini dikatakan pada pertemuan antara Pengurus Bumdesa, pangawas bumdesa, penasihat dengan Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna di Aula Desa Batubi, Senin, 28 Mei 2018.

Dalam Pertemuan ini dibahas mengenai kelengkapan administrasi Bumdes sebelum dilakukaan pencairan penyertaan modal usaha kepada bumdes.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Irlizar. S. Sos menjelaskan mekanisme yg harus dilakukan desa dan bumdes dalam menjalankan kegiatannya.

Pembinaan yg dilakukan oleh dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa dalam membina bumdes meliputi beberapa hal menyangkut indikator keberhasilan bumdesa yaitu :
1.kelembagaan
2.aturan/legalitas
3.usaha bumdesa
4.administrasi,pelaporan dan pertanggungjawaban
5.permodalan
6.dampak kepada masyarakat.

Pembinaan ini juga mengikutsertakan kepala seksi pengembangan usaha ekonomi masyarakat, suryati widyastuti, SP dan Tenaga Ahli Pengembangan Usaha ekonomi desa, Adi Candra.

Pertemuan dimaksud juga membahas kendala yg dihadapi oleh bumdesa mandiri sejahtera desa batubi jaya serta mencari pemecahan masalah tersebut sehingga bumdes mandiri sejahtera dapat berjalan sebagaimana mestinya.(Admin)