Selamat Datang di Website Dinas Pemberdayaan Masyarakatan dan Desa Kabupaten Natuna

Kadis PMD Sebut Baru 57 BUMDes yang Aktif di Kabupaten Natuna

RANAI — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Natuna, Indra Joni, mengatakan saat ini desa di Kabupaten Natuna sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang aktif sebanyak 57 desa.

” Itu dikelompokkan kembali, 22 BUMDes berjalan, dan 10 BUMDes yang benar-benar aktif. “Kata Indra saat diwawancarai di acara buka bersama Aliansi Jurnalis Online Indonesia, Senin, 21 Mei 2018.

Indra menyebut, DPMD masih terus menggenjot, dan memfasilitasi 13 BUMDes yang belum terbentuk.

Indra menerangkan, rata-rata BUMDes bergerak dibidang penyewaan tenda, pengelolaan pariwisata, depot air minum, peralatan pertanian, tenda kursi, pengelolaan pangkalan minyak tanah, dan penampungan gula ijuk.

Indra menambahkan, untuk pertanggung jawaban BUMDes ada dua yaitu, penyertaan modal dari desa, dan dana bantuan. Jadi pengelolaan pertanggung jawaban tersebut melalui start merin dirapat, dan penyertaan modal BUMDes juga harus dilaporkan ke desa.

Indra menuturkan, tujuan BUMDes ada pada penyertaan modal dan MoU untuk menghasilkan PADes Desa. Tetapi pada tahun 2017, baru ada beberapa BUMDes yang memiliki keuntungan puluhan juta rupiah. ” Dengan penghasilan tersebut, BUMDes bisa membantu PADes desa masing-masing walaupun sedikit, tutupnya.”(Admin)