Selamat Datang di Website Dinas Pemberdayaan Masyarakatan dan Desa Kabupaten Natuna

Kadis PMD ; 30 Persen DD, Untuk Pengembangan Ekonomi Desa

Ranai — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Indra Joni, mengatakan, 30 persen Dana Desa (DD) tahun 2018 diarahkan untuk pengembangan pertumbuhan ekonomi desa.

” Yaitu upah, melalui kegiatan padat karya. ” Kata Indra saat diwawancarai chat whatsapp, Selasa, 13 Februari 2018.

Indra menjelaskan, dengan masyrakat dapat bekerja dan barang-barang seperti material lokal dibeli dari masyarakat.” DD dapat bergulir dan berputar didesa. ”

Yang ditetapkan melalui musyawarah Desa sebagai Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang disahkan menjadi Anggaran Pendapat dan Belanja Desa (APBDes) yang ditetapkan menjadi Peraturan Desa.

Sementara itu, Indra mengatakan, Prukades, dan BUMDes dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), menunjang pertanian serta infrastruktur berskala Desa penggerak ekonomi di Desa.

Indra menuturkan, Prukades harus terus di kembangkan agar produk unggul desa kedepan menjadi i Con desa.

Sedangkan BUMDes yang sehat administrasi juga dapat menjadi pertimbangan pemerintah Desa untuk pernyataan modal melalui Verifikasi proposal oleh tim.

Indra berharap, pemerintahan Desa yakni Kepala Desa dan jajarannya bersama BPD untuk bersinergi dalam pengelolaan DD sehingga dana dapat berputar di desa dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa. (Admin)