Selamat Datang di Website Dinas Pemberdayaan Masyarakatan dan Desa Kabupaten Natuna

Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Turun Secara Nasional, Kadis PMD Perubahan Penghitungan Formulasi Baru

RANAI — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Natuna, Indra Joni, S.Sos, mengatakan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) Kabupaten Natuna tahun 2018 mengalami penurunan.

“Secara Nasional sedikit berkurang dari Tahun 2017, adanya perubahan penghitungan formulasi baru”, kata Indra saat diwawancarai di ruang kerjanya, Ranai, Senin, 18 Desember 2017.

Indra menuturkan, DD dan ADD di desa turun, Namun tidak semua, dilihat dari tingkat kemiskinan desa. Untuk Kabupaten Natuna DD turun berkisar 2,6 milyar,” dari 57,1 milyar menjadi 54,5 milyar dan ADD turun 16 milyar dari 71,1 milyar menjadi 55,4 milyar, “ucapnya.

Indra menyebut, program desa tidak hanya di pemberdayaan masyarakat, tetapi harus dilihat kembali dari infrastruktur desa yg sangat mendesak, agar masyarakat dapat menjual bahan baku material lokal dan mendapat upah kerja dari kegiatan desa secara swakelola sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Indra menginginkan, dengan pengawasan yang semakin ketat diharapkan kepala desa (Kades) agar dapat mengelola DD dan ADD dengan sebaik mungkin.

Indra menekankan, aparatur desa untuk melaksanakan kegiatan sesuai regulasi yang ada.” Karna semua kegiatan akan diawasi serta diaudit oleh Auditor Pengawas Instansi Pemerintah (APIP) “, ucapnya. (Bina Pemdes)