DIRGAHAYU KABUPATEN NATUNA KE-18 "Kerja Bersama Membangun Natuna yang Sejahtera"

Dinas PMD : Kembangkan Ekonomi Wilayah Melalui Potensi Daerah

TANJUNG – Camat Bunguran Timur Laut diwakili  Sekertaris Camat Mujahiddin,SHi., mengapresiasi dan berterimakasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang telah menggagas dan memfasilitasi potensi sumberdaya usaha masyarakat di Kecamatan Bunguran Timur Laut melalui sumberdaya alam yang ada di desanya.

Mujahiddin berharap Pembangunan Desa tidak hanya Pembangunan Fisik saja tetapi pembangunan pemberdayaan masyarakat juga harus lebih ditingkatkan.

Dalam hal itu pemerintah berupaya mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera melalui potensi usaha masyarakat.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melalui Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Drs.H.Ismail, MM mengatakan untuk meningkatkan usaha ekonomi masyarakat tentunya kita memerlukan kekuatan dan potensi masyarakat.

Pasar mingguan merupakan usaha yang penghasilannya seminggu dengan berpindah-pindah ini bisa menjadi contoh bagi kita. Dengan penghasilan seminggu mereka bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan, merupakan contoh salah satu usaha masyarakat, ungkap Ismail di kegiatan  penentuan sentra usaha ekonomi masyarakat spesifik daerah di gedung serbaguna Kecamatan Bunguran Timur Laut, Ranai, Selasa, 14 November 2017.

Dilanjutkan Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, Irlizar,S.Sos mengatakan untuk mengembangkan ekonomi suatu wilayah diperlukan pandangan potensi dan perkembangan desa melalui faktor – faktor menentu kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi masyarakat.

Kegiatan ekonomi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat seperti halnya produksi, distribusi dan konsumsi. bertujuan dapat mengembangkan ekonomi masyarakat.

Dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakat diarahkan  untuk kesejahteraan masyarakat melalui BUMDes Bersama.

Irlizar berharap usaha ekonomi masyarakat berkembang dan meningkatkan usaha produksi masyarakat dengan sumber daya alam dan manusia, Modal dan Kewirausahaan.

Fokus dari kegiatan ini adalah menemukenali potensi unggulan desa khususnya dan kawasan desa/kecamatan pada umumnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat, Suryati Widyastuti,SP. Staf Dinas PMD, Tenaga Ahli Pengembangan Usaha Ekonomi Desa, Adi Candra, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, Kepala Desa, Ketua BPD, pengurus UPK, BKAD dan Ketua BUmdes  se-Kecamatan Bunguran Timur Laut. (P2M)