DIRGAHAYU KABUPATEN NATUNA KE-18 "Kerja Bersama Membangun Natuna yang Sejahtera"

Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Pemerintahan Desa Tahun 2017

RANAI – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi,S.Sos.,  saat ini sudah perlu dilakukan perbaikan Pengelolaan Dana Desa (DD) dengan pengelolaan keuangan yang baik oleh Kepala Desa (Kades).

Hal ini dikatakan Siswandi saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Pemerintahan Desa Tahun 2017 di ruang rapat kantor Bupati Natuna, Ranai, Jumat, 10 November 2017.

Siswandi mengingatkan Pengelolaan Dana Desa saat ini diawasi Kejaksaan dan Kepolisian. “Karenanya, sebelum diawasi oleh penyidik hendaknya mengawasi diri sendiri,” ujar Siswandi.

Siswandi menuturkan, saat ini anggaran pemerintah daerah ditahun 2018 berkurang, imbasnya juga berdampak terhadap Alokasi Dana Desa yang ada di Kabupaten Natuna.

Atas keadaan tersebut, Siswandi, berharap agar Desa barhati-hati dan teliti dalam mengelola Dana Desa. Siswandi juga berpesan Kepada Camat agar melakukan mengkoordinasi serta monitoring kegiatan.

Hal senada juga dikatakan Kapala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna, Indra Joni, S.Sos. Ia mengatakan seiring memasuki Triwulan ke IV hendaknya Pemerintah Desa mempersiapkan Penyusunan Perencanaan Dana Desa di  Tahun 2018.

Indra Joni menuturkan tujuan rapat untuk mencari solusi mengenai masalah menyangkut Pemerintahan Desa. “Agar pengelolaan Keuangan Desa semakin baik sesuai Tata Kelola Keuangan.”

Sementara itu, Tenaga Ahli Madia Provinsi Pengelolaan Keuangan, Idrus, mengatakan sesuai intruksi presiden dalam rapat terbatas kementerian bahwa akan ada evaluasi menyeluruh terhadap Dana Desa, sehingga muncul salah satu Nota Kesepahaman Kementerian Desa  PDTT, Kementrian Dalam Negeri dan Kapolri.

“MoU ini dalam rangka pengawasan bersama terhadap Dana Desa,” katanya.

Menurut Idrus, Dana Desa harus dikelola secara swakelola yang berorientasi kepada padat karya dan tidak boleh dipihak ketigakan, sehingga mampu menekan penurunan daya beli masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten I Kabupaten Natuna Abdullah, Organisasi Perangkat Daerah, Tenaga Ahli Provinsi, Seluruh Camat dan Kades se-Kabupaten Natuna. (Bina Pemdes)