DIRGAHAYU KABUPATEN NATUNA KE-18 "Kerja Bersama Membangun Natuna yang Sejahtera"

Dana BUMDes Tidak Digunakan untuk Honor Pengurus

KELARIK-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melalui Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Irlizar S.Sos didampingi Tenaga Ahli Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Adi Candra mengatakan Salah satu Proiritas Kegiatan Penggunan Desa ditahun 2018 yaitu Kegiatan Produk Unggulan Desa atau Kawasan Perdesaan, BUMDesa atau BUMDesa Bersama, embung, dan Sarana Olahraga Desa sesuai dengan Kewenangan Desa.
“Bumdes dianggap penting untuk meningkatkan perekonomian masyrakat dan merupakan roda kehidupan masyarakat”. Hal ini dikatakan Irlizar di pelatihan BUMDes bertempat gedung pertemuan Desa Kelarik Air Mali, Kecamatan Bunguran Utara, Kabupaten Natuna, Rabu, 08 November 2017.
Irlizar menuturkan pengurus BUMDes harus bisa memahami dan menilai usaha yang akan dikembangkan karena BUMDes bukan untuk kepentingan kelompok maupun Usaha Milik Kades.
Irlizar mengingatkan Dana yang disalurkan Kepada BUMDes tidak boleh membiayai honor pengurus BUMDes tetapi untuk pengembangan usah dan Kades bisa mempercayai unit-unit dibidang usaha yang dikembangkan.
Irlizar berharap pengurus BUMDes Desa Kelarik Air Mali bisa berjalan ditahun 2018, Pengurus BUMDes Bukan ASN dan bukan dari Anggota Partai Poitik.
Kades Kelarik Air Mali, Ali Imran mengatakan Dana BUMDes di Desa Kelarik Air Mali sudah dianggarakan. Namun belum bisa berjalan dengan baik dikarenakan pengurus BUMDes yang mengundurkan diri dan dibulan November baru bisa menetapkan pengurus yang baru hasil penyaringan.
Imran berharap pengurus BUMDes dapat mencerna yang di sosialisasikan oleh narasumber dan dapat mengelola penggunaan aset dan dana BUMDes.
Hadir dalam kegiatan tersebut Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, staf Desa Kelarik Air Mali dan Pengurus BUMDes. (P2M)