DIRGAHAYU KABUPATEN NATUNA KE-18 "Kerja Bersama Membangun Natuna yang Sejahtera"

Rapat Penentuan Sentra Usaha Ekonomi Masyarakat

SERASAN – Camat Serasan melalui Sekertaris Camat (Sekcam) Serasan, Khairillah mengatakan sangat mengapresiasi Rapat Penentuan Sentra Usaha Ekonomi Masyarakat yang diselenggarakan di gedung serbaguna Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Selasa, 31 Oktober 2017.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan sebagai penentuan Kegiatan Fasilitasi Pembentukan Sentra Usaha Ekonomi Masyarakat Spesifikasi Daerah Tahun 2017.

Khairillah berharap semoga kegiatan ini dapat meningkatkan dan kesejahteraan pelaku usaha ekonomi masyarakat yang ada di kecamatan serasan.

Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, Irlizar, S.Sos mengatakan pembentukan sentra ekonomi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mayarakat dalam suatu potensi Sumber Daya Alam (SDA).

Dalam hal ini mendukung kretiria dari Indeks Desa Membangun (IDM) sebagai rujukan untuk mengentaskan jumlah desa tertinggal dan meningkatkan jumlah desa mandiri sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 2 Tahun 2016 tentangan Indeks Desa Membangun.

Indeks Desa Membangun (IDM) bertujuan menetapkan status kemajuan kemandirian desa dan menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan desa.

Status kemajuan dan kemandirian desa terdiri lima status yaitu desa mandiri, desa maju, desa berkembang, desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

Adapun indikator desa mambangun diantaranya ketahanan sosial, ketahanan kesehatan, ketahanan pendidikan dan ketahanan modal sosial.

Di Natuna terdapat tiga status desa yang maju dan mandiri yaitu desa berkembang sebanyak 9, desa tertinggal sebanyak 56 dan desa sangat tertinggal sebanyak 5.

sebagai wujud dari pelaksanaan rapat ini adalah menentukan jenis usaha masyarakat yang tercermin dari produk usaha masyarakat yang dilakukannya.

kecamatan serasan dapat mempunyai produk unggulan berupa kerajinan dari anyaman tikar dan produk olahan perikanan.

penentuan sentra ini diharapkan sebagai suatu unit usaha dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

Kedepan diharapkan dengan adanya BUMDesa dapat mengakomodir jenis usaha masyarakat sebagai unit usaha dan dapat menciptakan produk unggulan desa selanjutnya merupakan produk unggulan kawasan pedesaan.

Hadir dalam acara tersebut Tenaga Ahli Pengembangan Usaha Ekonomi Desa, Adi Candra, Kasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyrakat, Suryati Widyastuti, SP, Pendamping Desa, Adit, Seluruh Kepala Desa di Kecamatan Serasan, Staf Kecamatan Serasan dan Pelaku Usaha di Kecamatan Serasan. (P2M)