DIRGAHAYU KABUPATEN NATUNA KE-18 "Kerja Bersama Membangun Natuna yang Sejahtera"

Kabid Pemdes; Dana Desa (DD) Cair Awal Bulan Oktober 2017

RANAI – Pencairan Dana Desa (DD) tahap kedua tahun 2017 dijadwalkan dari pusat akan di cairkan pada bulan september untuk kabupaten Natuna nampaknya belum bisa dicairkan. Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa (DPMD) melalui Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) M. Fadly Azzuhry saat dijumpai diruang kerjanya, Jum’at, 29 September 2017.

Fadly menuturkan Kabupaten Natuna sampai saat ini masih menunggu penyaluran Dana Desa (DD) tahap kedua dari Rekening Umum Nasional (RKUN) ke Rekening Umum Daerah (RKUD).

“Keterlambatan Dana Desa (DD) dikarenakan penyesuaian Peraturan Mentri Keuangan (PMK) No 50/2017 yang mana penyaluran dikeluarkan melalui Kantor Pelayanan Pembendaharaan Nasional (KPPN) Tanjung Pinang ke Kabupaten Natuna”.

Fadly menambahkan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dibagi menjadi empat tahap diantaranya tahap satu 25%, tahap kedua 25%, tahap ketiga 30% sudah disalurkan mulai 25 September 2017 sampai saat ini dan 20 desa sudah dicairkan. Untuk tahap empat 20% belum dicairkan oleh pemerintah pusat.

Saat ini semua desa sudah melengkapi syarat-syarat untuk pencairan Dana Desa (DD) tahap kedua.

“InsyaAllah pada awal bulan Oktober Dana Desa (DD) sudah bisa dicairkan dan Fadly menghimbau pemerintah desa agar secara tertib membuat laporan dan SPJ,  setiap kegiatan yang telah dilaksanakan.

Fadly berharap pemerintah pusat segera menyalurkan Dana Desa (DD) tahap kedua untuk menjaga optimisme, kepercayaan masyrakat    bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk terus membangun melalui Dana Desa (DD) dan masyrakat sangat berharap anggaran Dana Desa (DD)  segera disalurkan agar perekonomian masyarakat kembali kondusif. Bina Pemdes : Anto