DIRGAHAYU KABUPATEN NATUNA KE-18 "Kerja Bersama Membangun Natuna yang Sejahtera"

Kehadiran BUMDesa Diharapkan dapat Meningkatkan Perekonomian Desa

Batu Hitam Ranai – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Indra Joni, S.Sos mengatakan lahirnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa mengenai Peraturan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrari mewajibkan di Pemerintah Desa memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal itu diungkapkan Indra seusai meresmikan acara rapat koordinasi (Rakor) inventarisasi dan identifikasi Badan Usaha Milik Desa di Ruang Rapat Klinik Keuangan Desa Batu Hitam Ranai, Kamis, 7 September 2017.

Indra menuturkan Indonesia memiliki 74.500 lebih desa, namun katanya, hanya 14.000 desa saja yang baru memiliki Badan Usaha Milik Desa. Menurut Indra, dengan adanya BUMDesa, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat seperti halnya Desa Sukamanaka yang dulunya tertinggal sekarang menjadi desa dengan memiliki BUMDes.

Indra berharap Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepualauan Riau dapat memberikan arahan untuk peningkatan BUMDesa di Wiayah Kabupaten Natuna. Hal senada dengan itu diungkapkan Kepala Bidang (KABID) Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa, Kependudukan dan Pencacatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau Sukardi. Ia mengatakan Kabupaten Natuna memiliki 70 desa dan 50 persen desa sudah memiliki BUMDes Menurut Sukardi tujuan dari kegiatan adalah untuk menyesuaikan data dengan menginventarisasi dan mengidentifikasi BUMDes yang berjalan maupun tidak berjalan.

Sukardi berharap BUMDesa dapat mengelola Dana Desa (DD) untuk usaha air minum dengan baik, termasuk bekerjasama dengan Dinas Kesehatan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengecekan kadar air. Hadir dalam acara tersebut Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Adi Candra, Kepala Seksi Bina Lembaga Ekonomi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau Aryani, Kepala Seksi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyrakat Suryati Widyastuti, SP., Kepala Desa dan BUMDes 10 Desa Se-Kabupaten Natuna. (P2M)